Cara Membuat Alat Tambal Ban Dari Besi Bekas

May 19, 2020
Cara Membuat Alat Tambal Ban Dari Besi Bekas
Cara Membuat Alat Tambal Ban Dari Besi Bekas
Halo sobat inicaraku apa kabar semuanya.?  Pastinya kalian dalam keadaan baik baik saja dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Mohon maaf banget ni inicaraku udah lama ngak posting dikarenakan sedang sibuk.. Hehe.. Biasa,, ngerjain kerjaan PR.

Oya pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial bagaimana cara membuat alat tambal ban dari besi bekas. Sebenarnya enak banget ni sob, tapi mudah mudahan tema ini sangat bermanfaat untuk yang belum pernah membuatnya. 

Cara Membuat Alat Tambal Ban Dari Besi Bekas

Langsung aja sob kita cek ke TKP. 
Pertama kalian siapkan peralatannya dulu seperti : alat pemotong besi ( blender, cutting well) , mesin las, kawat las, cup las, meteran, siku meter, jangka dan kapur. 

Benda kerjanya pipa ( saya rekomendasikan pakai pipa ukuran 4" ). Baut panjang sekitar 40cm atau baut 1" Lengkap dengan murnya. Plat ukuran 3mm, besi siku ukuran 50mm x panjang secukupnya. 

Cara kerjanya

Potong pipa dengan panjang 110mm, 
Potong plat berbentuk lingkaran sesuai dengan diameter pipa yang digunakan sebanyak 2 plat. Potong besi siku dengan kemiringan 45 derajat sebanyak 2 batang yang satu 60mm dan satu lagi panjangnya setengah dari diameter pipa. 

Tempelkan / tutup lobang pipa tadi dengan plat yang sudah dipotong. Las full jangan sampai ada yang bocor agar tidak terbakar pada saat memanasi benda / Ban yang ingin di tambal. Gabung kan kedua potongan siku tadi hingga membentuk huruf L atau sudut 90 derajat kemudian las siku tersebut. 

Setelah itu tempelkan besi siku dengan pipa yang sudah dirangkai sebelumnya. Ingat pengelasan harus kuat supaya tidak patah pada saat digunakan. Pasang dan las mur baut di ujung besi siku tepat dengan posisi ditengah lingkaran atau diameter pipa. 

Terakhir pasang baut nya dan jangan lupa di kasih pegangan atau setang supaya mudah untuk mengunci. Buatkan untuk tempat bahan bakarnya. Setelah itu tambal ban siap digunakan. 

Demikianlah tadi saya jelaskan dengan singkat tutorial bagaimana cara membuat alat tambal ban dari besi bekas . Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat temen temen yang membutuhkan nya. Terimakasih.. . 

Related Posts

Previous
Next Post »

0 comments