Cara Memotong Besi Menggunakan Teknik Gouging

February 06, 2020
cara memotong besi menggunakan teknik gouging
cara memotong besi menggunakan teknik gouging

   halo sobat inicaraku..kali ini saya akan membahas mengenai pemotongan besi dengan teknik gouging atau sering di sebut juga dengan gojing. teknik ini sering digunakan untuk para welder. ya namanya juga tukang las...cara ini bisa digunakan untuk penganti cutting torch sementara dan juga untuk bevel plat yang di join. 

sebenarnya ada sendiri mesin gouging ini dan saya sendiri pernah memakainya untuk mengouging plat ukuran 12mm. pengalaman ini waktu saya masih bekerja di kapal tongkang. pastinnya sudah tau dengan pekerjaan tersebut untuk para welder tongkang. tempatnya dibatam waktu itu.

ok guys langsung kepokok pembahasan. gouging adalah alat pemotong besi menggunakan mesin las listrik yang dikombinasikan dengan angin. yang mana cara kerjanya hampir sama dengan menggunakan mesin las listrik biasa. bedanya cuma dilengkapi dengan angin. jauh lebih mudah dan hasilnya pun lebih rapi ketimmbang dengan mesin las listrik.


gouging punya dua metode yaitu mekanis dan termal tapi metode mekasin lebih lambat ketimbang metode termal. karena metode termal adalah pengelasan teknik gouging yang digunakan untuk menyingkirkan kotoran kotoran las yang tidak diinginkan. biasanya dengan meniupkan gram dari kotoran hasil gojing.

operasi tgouging menggunakan metode termal sebagai berikut

  • arc karbon udara
  • arc logam manual
  • arc plasma

arc karbon udara dan logam manual. dalam proses ini dibuat unuk melebur bahan. teknik ini digunakan untuk meniup bahan yang meleleh dan tidak diperlukan gas berteknan atau murni dari angin. sedangkan arc plasma alat pemotong besi yang sudah lama dari tahun 1960-an. yang biasanya untuk memotong bahan besi stainlist, besi dan nonbesi. gas plasma dapat berupa argon, helium, argon - h2, dan nitrogen.

cara memotong besi menggunakan teknik gouging

   sebelum kalian melakukan ini harus diperhatikan keamanan dan k3 nya sob supaya tidak terjadi pada diri kita yang tidak diinginkan. jauhkan blender / cutting torch dari jangkauan percikan api karena percikan api hasil dari gouging sangat jauh menyebar. gunakan alat pelindung diri seperti sepatu safety, sarung tangan kullit, jaket kulit, masker, topi / handuk kecil untuk penutup kepala dan kap las.

jika kalian memotong besi menggunakan travo mesin las listrik saya sarankan untuk menggunakan kawat las ukuran 3.2 rb, rd, lb, dengan api yang paling tinggi. jika posisi benda yang ingin kalian potong adalah posisi vertikal harus dimulai dari atas turun kebawah dan kawat las pun menghadap kebawah dengan kemiringan kawat 45 derajat. jika posisi mendatar seperti plat dan pipa atau round bar posisi kawat harus tegak lurus.

jika kalian memotong besi menggunakan mesin khusus gouging dan kawat yang digunakanpun kawat khusus yaitu gouging carbon. caranya jika plat yang ingin dipotong dengan posisi vertikal ataupun harizontal kalian bisa lakukan dengan cara yang sama seperti di atas atau bisa dengan cara kalian sendiri karena mesin ini dilengkapi dengan semburan angin. jika ingin membevel posisi kawat harus miring kurang lebih 5 cm dari dasar plat dan menghadap kedepan.

mungkin dengan cara yang saya sajikan bisa menjadi pelajaran yang bermanfaat untuk bisa di praktekkan dilapangan. 


Related Posts

Previous
Next Post »

0 comments