Cara Welding / Pengelasan 1G, 2G, 3G, 4G, dan 5G

January 10, 2020
cara welding / pengelasan 1G, 2G, 3G, 4G, dan 5G
welding atau disebut juga dengan pengelasan adalah menyambung besi dengan cara memanaskan menggunakan listrik dan elektroda. ada juga pengelasan dengan cara di bakaratau di panasi dengan cutting tourch / blender. jika mengelas dengan listrk kita perlukan listrik yang mempunyai arus tinggi. dan juga menggunakan kawat las. kawat yang sering kita   saya gunakan disiin yaitu kawat RB 26, 3.2 mm, kawaat las lb 52u dan 52. cara pengelasannya pun sangat mudah dibanding pengelasan menggunakan blender (karbit).


   jika kita ingin mengelas harus diperhatikan juga alat pelindung diri (APD) antara lain celana panjang, baju lengan panjang atau jaket kulit, sarung tangan las yang terbuat dari kulit, kap / topeng las, sepatu safety supaya badan kita tidak terjadi kontak langsung dengan panasnya hasil pengelasan. sarung tangan pun jangan sampai basah karena bisa mengakibatkan kesetrum. semua APD ini sangat penting dan harus dipakai.

cara welding / pengelasan 1G, 2G, 3G, 4G, dan 5G


sebelum melakukan pengelasan harus dierhatikan benda kerja yang ingin kita las. perhatikan juga ketebalan benda kerjanya. atus arus ditrafo las sesuai yang di inginkan. sering yang sudah saya praktekkan ukuran tegangan arus yang tertera pada kawat las tidak sama dengan yang kita praktekkan, setelah itu baru kita mulai ngelas.

  tahap standar pengelasan

ada 3 tahap pengelasan
  1.  root yaitu pengisian. untuk mendapatkan hasil yang maksimal benda kerja harus di isi supaya tidak ada lobang dan mempermudah untuk pengelasan ketahap yang ke 2
  2.  piler. meratakan hasil dari tahap 1
  3.  cupping ( penutup) supaya tidak terjasi kebocoran lasan cupping ini serapi mungkin dan usahakan sedikit menimbul


   jenis-jenis pengelasan
  • 1G yaitu pengelasan dengan posisi normal (flat). cara nya kawat berdiri tegak lurus bisa agak sedikit miring dan jalan pengelasan kedepan untuk hasil cepat
  • 2G yaitu pengelasan dengan posisi horizontal
  • 3G yaitu pengelasan dengan posisi tegak / vertikal
  • 4G bisa disebut dengan over head yaitu pengelasan di atas kepala kita
  • 5G ini digunakan untuk posisi pipa horizontal mati. artinya pipa tersebut tidak bisa dipindah atau digerakkan
  • 6G yaitu pengelasan pipa dengan posisi diagonal atau miring 45 derajat. pipa tersebut tidak bisa dipindah
   cara ini adalah teknik dasar pengelasan. untuk kalian yang baru mengenal pengelasan, disinilah saya akan saya jelaskan caranya. setting current / setelan api dimesin las di angka 80 menggunakan kawat 3.2mm. gunakan kawat RB 260, karena kawat ini sangat mudah untuk para pemula. posisi kawat las tegak lurus atau vertikal. tempelkan kawat las yang sudah di pasang pada stang las lalu tempelkan dibendak kerja dan arahnya dari depan menuju atau mendekati arah badan kita. lakukan berulang-ulang hingga kalian sudah faham dengan cairan lasnya.

Cara pengelasan 2G
   pengelasan 2G ini dilakkukan pada sambungan plat yang mendatar atau horizontal. arah kawat agak menghadap keatas dengan arah dari belakang maju kedepan. 

Cara pengelasan 3G
   pengelasan 3G atau vertical adalah pengelasan benda yang tegak lurus di mulai dari bawah menuju keatas. untuk pengisian pertama atau root  tergantung permintaan dari pimpinan kalian masing-masing. biasanya menggunakan kawat berukuran 2.6mm. untuk piler dan cupping menggunakan kawat 3.2mm disini saya jelaskan pengelasan pada plat dengan ukkuran 10mm. kalau menggunakan plat 3mm bisa 1 pas saja.

cara ini bisa dilakukan dengan continue atau bisa juga dengan tek weld. untuk hasil yang bagus saya sarankan menggunakan cara pengelasan continue. tapi saya sarankan untuk pemula untuk menggunakan cara tek weld. dilakukan dari kanan kekiri berhenti sejenak dan di mulai lagi dari kanan ke kiri begitu seterusnya. ini sering disebut juga yang nama menumpuk cairan.

Cara pengelasan 4G
   pengelasan 4G atau over head adalah pengelasan dengan posisi benda berada di atas atau mengantung menghadap kebawah. cara ini kalian terlebih dahulu harus menguasai ketiga cara di atas.

   cara ini diterapkan untuk pengelasan pipa. disini kita temui cara 1G, 3G, 4G karena posisinya melingkar. cara ini disebut 5G karena posisi melingkar dan tidak bisa di putar.

   Itulah cara pengelasan yang penulis jelaskan pada kesempatan kali ini.


Related Posts

Previous
Next Post »

0 comments