Shaft Mesin Ppress Pabrik Buah Kelapa Sawit Sering Patah, Begini Solusinya

January 29, 2020
mesin press pabrik buah kelapa sawit
mesin press pabrik buah kelapa sawit

 halo sahabat ini caraku kali ini saya sajikan tentang mesin press pabrik untuk buah kelapa sawit . mesin press pabrik buah kelapa sawit adalah mesin pemisah minyak dari fiber. yang berfungsi untuk memeras buah kepala sawit agar dapat mengeluarkan minyak dari kulit buah. sebagai tempat penampung berondolan dengan bermacam kapasitas. yaitu p10, p15, p25, bahkan ada juga p30, maksudnya disini adalah kapasitan dalam hitungan ton.

pengerak mesin ini menggunakan electro motor yang sudah disesuaikan bebannya dengan masing masing kapasitas. mesin juga ini dengan digester yang berfungsi untuk penampung brondolan, electro motor untuk pengerak dan hydroulic untuk mendorong berondolan hingga mengeluarkan minnyak. 

Nah...kali ini saya akan bahas mesin press pabrik buah kelapa sawit ini yang kapasitasnya 15 ton atau p15. kenapa? karena biasanya mesin ini belum sampai 1500jam rawan dengan patahnya pada lenghtening shaft. ada beberapa hal yang menyebabkan lenghtening shaft patah. bisa dari besi yang masuk kemesin, bearing yang rusak, oli intermedit kering dan masih banyak lagi kendala lainnya. 

untuk mengatasi masalah ini saya akan berikan sedikit saran yang pernah saya kerjakan pada mesin press p15. siapa sih yang ngak bosan kalau mesin bentar bentar patah. pasti kalau kita mendengar laporan dari operator langsung tidak semangat untuk bongkar. karena selain capek di stasiun itupun panas dengan steam dan debu dari fiber.

cara mengatasi  mesin press pabrik buah kelapa sawit yang sering patah


cara ini saya dapat dari teknisi press medan. karena team maintenance disini masih baru mengenal pabrik sawit dan belum ada mekanik khusus press, orang itu memang sengaja didatangkan untuk mengatasi masalah ini. 

coba kalian cek dulu mulai dari bagian bearing, mur gear, material shaftnya dan juga dari tekanan hydraulic. tekanan hydraulic standarnya 40. jika tidak ditemukan kejanggalan kita langsung keinti dari penyelesaian. 

kalian modifikasi pada body hydraulic. buatkan rel untuk penahan cone supaya tidak goyang pada saat hydraulic jalan. karena dengan cara ini mesin press pabrik buah kelapa sawit tempat saya bekerja sekarang sudah berkurang untuk masalah patah lenghtening shaft. 

mudah - mudahan cara ini bisa bermanfaat dan dapat mengurangi patahnya as / shaft untuk mesin press. dan temen-temen bisa agak sedikit santai. jika artikel ini bermanfaat silahkan tinggalkan kritik dan saran. terima kasih
ak

Related Posts

Previous
Next Post »

0 comments