Cara Buat Elbow 90 Derajat

January 05, 2020

Cara buat elbow & rumusnya   sering kita temui terkadang cara buat elbow 90 derajat dengan cara cepat dan tidak memakai rumus, padahal rumus itu sangat penting. emang sih cepat jadinya tapi hasilnya tidak maksimal, pada kesempatan kali ini saya akan buat tutorial cara buat elbow 90 derajat dengan cara memakai rumus. saya jamin hasilnya pasti akan memuaskan dan bisa di cek menggunakan sikumeter untuk mendapatkan hasilnya.



sebagai contoh kita akan buat elbow pipa 3,5 '' dan juga bisa kalian praktekkan bukan hanya pipa dengan diameter 3.5" saja. kalian bisa gunakan cara ini dengan sekala besar sekalipun. juga bisa menggunakan plat untuk membuat elbow. jadi inti nya satu cara ini bisa di gunakan banyak elbow.

jika ingin membuat elbow 45 derajat pun bisa, tinggal mengurangi jumlah pembagiannya saja. oke langsung saja kita ke pembahasan. kalian siapkan dulu pipanya dengan panjang pipa sekitar 500 mm atau 50 cm. disini saya mau buat kan dari pertama sampai jadi elbow 90 derajat. gimana caranya? baca artikel di bawah ini sampai kalian bisa memahami cara buat gmana, gunakan rumusnya gmn, dan cara nyari derajatnya gimana .

cara buat elbow 90 derajat


   disini saya saran kan semuanya menggunakan mili supaya pas mencari derajatnya. siapkan peralatannya alat tulis ( pena ), jangka, meteran, sikumeter, kalkulator yang ad sin cos tangen nya, dan benda kerja. yang terpenting kita kalau mau buat elbow harus buat MAL nya dulu

misal:
R 150 mm
diameter pipa 90 mm.
kalian  buat garis lurus dulu  sekitar 300 mm untuk mencari R. tandai garis td sepanjang 150 mm.
kemudian kita cari pipanya yang 90 mm. 90 / 2 = 45mm
kalau sudah ketemu, 3 garis sebelah kanan kalian garis menggunakan siku panjang sekitar 100mm, ini untuk acuanya saja.

   Rumus elbownya 90 derajat di bagi 8 potongan pipa. jadi 90 / 8 = 11.25. kita cari tinggi dari titik tengah pipa 90 x tan 11.25 = 29.8. ini fungsinya untuk menghubungkan 3 garis di atas sampai titik ujung R yang dimulai dari tengah diameter pipa 29.8 tadi.

setelah itu tarik pake jangka diameter pipanya pas di titik tengah 3 garis diatas sampai membentuk setengah lingkaran. setengah lingkaran tadi di bagi 12 caranya jangan di rubah diameternya, tarik dari ujung garis bawah kanan dan kiri, tarik lagi bagian ujung lingkaran pada garis tengah. tarik garis lagi pada titik lingkaran yang sidah di bagi menggunakan siku.

   setelah semua ketemu , kita sekarang buat MAL nya. siapkan 1 lembar karton atau aluminium panjanag kali lebar 100 mm x 300 mm yang flexible supaya bisa di bentuk melingkar di pipa yang mau dipotong. sekarang kita masuk kerumus lagi. cari luas lingkaran diameter pipa 90 x 3.14 ( rumus jari-jari) = 282.6. sudah ketemu luas lingkaran 282.6 dan tarik garis ini di karton atau aluminium dan bagi menjadi 12 titik. jadi 282.6 / 12= 23.5. sengaja saya kasih nomor dimulai dari ankga 4 karena malnya saya bentuk seperti ikan. lalu hubungkan nomor tersebut dengan garis di mulai dari angka 4.

   setelah mal nya siap, gunakan mal tersebut untuk mengaris pipa yang ingin di potong hingga potongan tersebut membentuk elbow. mal tersebut bisa juga di gunakan untuk membuat elbow dengan plat. cuma bedanya kita harus menggunakan alat tambahan yaitu mesin Rol. gunanya untuk membuat plat tersebut menjadi lingkaran yang pas.

setelah semuanya selesai memotong  dan rol, kalian gabungkan satu persatu hingga membentuk elbow 90 derajat. sehabis itu dilas dan jangan sampai lassan tersebut bocor. demikianlah tutorial cara buat elbow 90 derajat sudah selesai. silahkan kalian praktekkan, saya jamin dengan cara ini hasilnya maksimal.

jika ada kendala bisa kalian tanyakan di kolom komentar atau bisa di email melalui kontak. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk para pembaca. terima kasih...

Related Posts

First

0 comments