Cara Buat Reducer Pipa Besi

January 08, 2020
   
cara buat reducer pipa besi   Tahukah anda??? gambar di atas adalah reducer atau cone. yang mana diameter atas lebih besar di banding kan diameter bawah disertai tinggi. mungkin sering kalian lihat atau mungkin kalian sering dengar yang namanya reducer tapi belum tahu nama dan bentuknya.
Nah inilah yang namanya reducer. kalian mungkin bingung apa fungsi dan kegunaannya. guna dan fungsi reducer tersebut adalah untuk menghubungkan antara diameter besar dengan diameter kecil. misalkan kita mau menyambug pipa untuk aliran air.

lobang pipa besar adalah 100mm ini sebagai pipa induk. dan ternya pipa yang sudah terpasang kekolam atau bak, atau tedmon dan lainnya adalah 80mm, maka jika di sambungkan menggunakan reducer ini akan lebih sempurna. mungkin kalian juga ada yang berfikir bagaimana cara buatnya. di artikel ini akan kita bahas cara mudah membuat reducer.

   Banyak artikel yang membahas tentang bagaimana cara membuat reducer ini tapi mungkin ada sedikit perbedaan. sebenarnya tujuannya sama tapi caranya berbeda. tapi jangan khawatir, di artikel ini akan kita bahas cara buatnya sampai selesai. pembuatan ini saya lengkapi dengan rumus supaya potongannya pas.

   disini akan saya sajikan pembuatan reducer ini menjadi dua bagian dan akan jelaskan cara pemuatannya satu persatu. 

cara buat reducer pipa besi

1. cara buat reducer pipa besi.
kalian siapkan dulu peralatan kerjanya seperti mesin las, cutting toucrh atau sering kita sebut blender, kawat las, meteran, kapur dan palu. tentukan dulu reducer dari diameter berapa mm ke diameter berapa mm. saya ambil contoh seperti gambar di atas. diameter atas 100mm dan diameter bawah 30mm tinggi 100mm.
  • kita kalikan dulu diameter atas 100 x 3.14 = 314 / 8 ( titik potong ) = 39.25 mm
  • kalikan lagi diameter bawah 30 x 3.14 = 94.2 / 8 = 11.775mm
  • garis untuk ujung garis pipa 39.25 - 11.775 = 27.47mm

lalu ambil pipa yang punya diameter 100mm, garis pipa tersebut dengan 8 bagian masing masing jaraknya 39.25 panjang gajis 100mm. setiap garis di ujung pipa di beri garis lagi 27.47.
tarik lagi garis dari belakang menuju garis 27.47 di setiap ujungnya. potong garis yang ujung digaris 27.47 menuju garis belakang pipa. lalu gabungkan potongan tersebut hingga membentuk kerucut. cara mengabungkannya bisa menggunakan palu dengan cara di pukul. cek reducer tersebut hingga benar benar membentuk reducer sempurna yang mempunya diameter atas 100mm dan diameter bawah 30mm.

2. cara mudah buat reducer menggunakan plat

perlatannya masih sama seperti yang diatas tapi kalau disini ada alat tambahan yaitu pengaris, jangka, dan mesin rol. siapkan selembar plat utuh untuk lebih mudahnya untuk yang pemula. untuk yg sudah biasa buat bisa disesuaikan ukurannya. 

pertama kita buat dulu garis pelukis. caranya buat dulu garis lulus mendatar dengan panjang 100mm. ambil titik tengahnya lalu tarik dengan garis vertikal dengan tinggi 100mm. saya sarankan untuk menggunakan sikumeter. kemudian tarik lagi garis mendatar dengan panjang 30mm pas di ujung garis bawah yang vertikal. jangan lupa ambil titik tengah dari garis 30mm. 

usahakan untuk garis yang vertikal harus lebih dari 100mm, paling tidak 150mm lebih bagus karena disitu kita akan mencari titik sumbu. tarik di ujung garis mendatar di atas yang 100mm lurus menuju 30mm hingga ketemu garis vertikal. begitu juga dengan garis yang sebelahnya. 

jika sudah ketemu titik sumbu, abil jangka dari sumbu ke gari yang mendatar di atas yang panjangnya 100mm sampai membentuk lingkaran. lakukan dengan cara yang sama pada garis yang bawah dengan panjang garis 30mm.
   setelah terbentuk lingkaran sekarang kita masuk kerumus.
  • kita hitung dulu diameter atas 100 x 3.14 = 314 / 2= 157
  • diameter bawah 30 x 3.14 = 94.2 / 2= 47.1
cara pertama tarik garis lingkaran

   sekarang ambl 1 titik di lingkaran tersebut. tarik garis lingkaran 314mm. sebelah kiri 157mm, sebelah kanan 157. lakukan dengan cara yang sama untus lingkaran yang tengan. sebelah kiri 47.1 sebelah kanan 47.1. saya sarankan untuk menarik garis ini menggunakan meteran yang fleksibel atau meteran kain. tarik kedua garis tersebut hingga bertemu.

cara kedua tarik garis lingkaran

   masih ingat garis mendatar tadi yang di atas? biarkan garis tersebut, tarik lagi kesebelah kiri 100mm dan kanan 100mm. tarik kedua garis tersebut hingga ketemu garis sumbu tengah. mungkin dengan cara yang kedua ini menurut saya lebih mudah. itulah cara buat reducer pipa besi dan plat

   dengan cara inilah pembuatan reducer dengan 2 cara dan 2 benda. semua angka tersebut menggunakan milimeter supaya tidak selisih dalam menghitung. 

Related Posts

Previous
Next Post »

0 comments