Cara Merangkai Baja Ringan untuk Garasi Mobil

January 13, 2020
baja ringan
 Halo temen temen semua kalian pasti sudah tau dengan yang namanya baja ringan bukan? gambar disamping ini adalazh gambar baja ringan. mungkin sering kalian jumpai disetiap rumah atau toko-toko atau bangunan-bangunan besar seperti kantor, gedung sekolah, aula, pembuatan kanopi, parkiran garasi mobil, atap rumah dan masih banyak lagi.

pada kesempatan kali ini saya akan jelaskan kekalian semua apa saja fungsi dari baja ringan tersebut.  disini saya akan ajar cara membuat kanopi dari baja ringan, mulai dari memotong hingga membuat dan merakitnya. dulu sebelum ada baja ringan, kanopi terbuat dari besi holo.

dengan seiring nya jaman rangka kanopi sudah banyak yang menggunakan baja ringan dengan alasan lebih simpel dan lebih murah dan juga mudah di temukan di setiap toko material atau toko -toko bangunan. maka dari itu orang lebih memilih baja ringan ini di bandingkan besi holo. besi holo sekarang biasanya di gunakan untuk pagar dan pintu teralis.

Cara Merangkai Baja Ringan untuk Garasi Mobil


   apa saya alat yang digunnakan untuk membuat baja ringan?

   sebelum kalian membuat kanopi tersebuat tentunya kalian harus menyiapkan peralatan dan material yang digunakan. jadi alat yang digunakan  adalah martil, palu,tang kombinasi, gunting baja ringan, mesin bor dan paku khusus baja ringan. semua alat ini bisa kalian beli ditoko material dan toko bangunan.

   ok itu-itu saja alat yang digunakan nanti untuk membuat atau merakit kanopi dari baja ringan. langsung saya kita ke materi proses perakitannya. jadi cara motongnya pertama kita ukur sesuai dengan kebutuhan kita. contohnya saya ingin memotong 20cm,tandai dengan ukuran 20cm lalu garis menggunakan siku supaya lurus hasil potongannya dan garis juga sisi kiri dan sisi kanannya kemudian potong menggunakan gunting yang sudah saya siapkan.

cara guntingnya seperti kita mengunting seng namun jika ada yang bengkok karena bentuk dari baja ringannya maka kita luruskan menggunakan martil.

catatan: untuk cara guntingnya harus dari sisi kanan dan sisi kiri dulu baru yang terakhir sisi tengah supaya mempermudah untuk memotongnya.

   jenis jenis paku sekrup

   sedikit saya jelaskan ukuran skrup. skrup ini. bernacam macam ada yang 1cm, 2cm dan 5cm. pilih yang ada karetnya biasa di pasang dikanal. fungsi karet tersebut supaya tidak bocor dan juga untuk ketahanan benturan. yang tidak ada karetnya biasanya pasang di resplang.

   lanjut kepembuatan siku.

   caranya ukur dulu sesuai kebutuhan kita. misal dengan ukuran 9cm di garis menggunakan siku dan letekkan siku tersebut pas pada batas 90 derajat lalu potong. tempelkan kedua baja yang sudah terpotong tadi tepat di ujung potongan hingga membentuk angka L kemudian di baut menggunakan paku baja ringan tadi.

cara pemakuannya kalian gunakan mesin bor dan matabor yang berbentuk kunci biasanya ukuran 8mm. pasang paku tersebut di ujung mata bor nya. tempelkan tepat pada titik yang ingin di bor lalu tekan sambil di pencet tombol on atau star di mesin bornya. jangan terlalu kuat supaya hasilnya pun rapi.

    perakitan kanopi

  sebelum melalukan perakitan kalian tentunya sudah punya ukuran bangunan kanop yang ingin kalian buat. ukur jarak lebar tiang tingginya gunakan bor dan peralatan lainnya untuk perakitan kanopi  tersebut. tempelkan antara tiang dan semen menggunakan paku atau dinabol dengan benar.
untuk bagian atas atau mencari lurusnya kalian gunakan selang air supaya levelnya sama. jika semua sudah terpasang cek kembali apakah sudah lengkap dan benar pemasangan atau perakitannya tadi.

   pemasangan atap

untuk hasil yang lurus gunakan benang di pasang dari ujung kanopi harus siku. dimulai dari bawah naikke atas. minimal paku yang di gunakan dalam 1 atap adalah 3 paku. untuk model atap bisa kalian pillih sesuai seleran kalian masing masing. banyak bermacam-macam seng yang sesuai kalian inginkan dan dengan harga yang bervariasi .

  ok temen temen itu saja yang penulis bisa sajikan dan untuk pembahasan ini jika kurang jelas silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar guna untuk perbaikan artikel ini.

Related Posts

Previous
Next Post »

0 comments