Cara Buat Fitting Tee Pipa Besi Manual

January 15, 2020
cara buat fitting tee pipa besi manual
   tentunya kalian sudah tau dengan fitting tee pipa seperti pada gambar disamping. cuma saja lain penyebutannya saja yang berbeda. ada yang namanya konektor, ada juga yang namanya T. fungsi dari fitting tee tersebut adalah sebagai penghubung antara tiga pipa dan sebagai akhir pemipaan atau outlet fitting. maka dari itu sangat penting untuk kebutuhan instalasi perpipaan.


banyak jenis fitting tee yang harus kita ketahui, baik pipa pvc, pipa hdpe dan pipa besi. namun yang perlu kita kenali adalah nama dan bentuk fitting tee agar kita tidak salah dalam membeli sesuai kebutuhan.

selain berfungsi untuk menghubungkan antara 3 pipa, fitting tee ini juga berfungsi untuk membagi aliran air yang memiliki cabang. biasanya fitting ini mempunyai ukuran yang sama dengan pipa induk yang di sebut straigh tee. sedangkan yang mempunyai ukuran yang berbeda kita menyebutnya dengan reducing tee.

pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial pembuatan fitting tee. pertama kita harus buat dulu malnya supaya dalam pemotongan pipa nanti tidak salah. alat yang harus kalian siapkan adalah pengaris, pena, jangka meteran dan karton.

cara buat fitting tee pipa besi manual


cara buat fitting tee pipa besi manual

pipa yang akan kita gunakan adalah pipa dengan ukuran 8" dan 6". ini namanya reducing tee karena ukuran nya berbeda. pipa 8" punya ukuran nya 213mm dicocokan dengan jangka dan bentuklah lingkaran. 213 diambil garis tengah nya adalah 106.5. setelah berbentuk lingakaran, digaris tegak lurus tepat pada titik tengah. 

diujung garis dibuat lagi lingkaran yang 6". untuk scedule 80 kita ukur diameternya bagian dalam pipa bukan diluar pipa. ingat diameter pipa 6" di bagi 2 = ???...misalnya 142.4 / 2 = 71.2mm. setelah terbentuk lingkaran, lingkaran tersebut di bagi menjadi 12 bagian. setelah ketemu tiik baginya lalu di garis tegak lurus.

gambar lagi untuk malnya. ingat diameter pipa 8"diatas 213 x 3.14 = 668.8mm. buatlah garis panjangnya 668.8 lalu di bagi 12 bagian. jadi 668.8 / 12 =  55.7. berarti jarak antara titik ketitik  yang di bagi tadi adalah 55.7. ini ada 12 titik.

perhatikan diameter bawah ada 4 titik hasil dari garis 6" ke 8". tarik ke-4 sepanjang 668.8 lalu berilah garis tegak lurus yang 12 bagian tadi. masing - masing garis  diberi nomor mulai dari kanan . 1,2,3,4,3,2,1,2,3,4,3,2,1. hubungkan garis dari nomor 1 naik ke 2 naik ke3 naik ke 4 turun ke 3 turun ke 2 turun ke 1 dan seterusnya.

potong garis tadi hingga membentuk seperti gambar diatas. tempelkan pada pipa 6" dan garis mengikuti malnya lalu potong. tempelkan potongan pipa 6" kepipa 8". lakukan pengelasan dengan benar sesuai yang sudah saya tulis pada artikel sebelumnya..

  

Related Posts

Previous
Next Post »

0 comments