Cara Merakit Jenis Mesin Pompa Kolam Air Limbah

February 07, 2020
cara merakit jenis mesin pompa kolam air limbah
cara merakit jenis mesin pompa kolam air limbah
halo sobat Inicaraku,,kali ini saya akan memberikan tutorial tenang bagaimana cara merakit pompa untuk kolam limbah yang biasa dipakai pada pabrik kelapa sawit. kalian pastinya sudah banyak yang tau dengan pompa kew  pump . biasanya pompa ini dipakai untuk keperluan pengolahan dipabrik kelapa sawit. terutama untuk semua satsiun yaitu kernel, boiler klarifikasi, dispek, rebusan, water intake,  dan stasiun khususnya kolam air limbah.

banyak jenis pompa yang digunakan untuk pengolahan akan tetapi disini saya akan membahas pompa dengan merek kew pump dan cara merakitnya. mulai dari fabrikasi dudukan hingga sampai bisa dioperasikan. kew pump menpuyai banyak ukuran kapasitas. hal paling pennting untuk pompa ini terdapat pada mecanical sealnya.

cara perawatannya sangat mudah dan simple, hanya melakukan pengecekan oli, bearing dan belting. jika terjadi kebocoran pada bagian mekanical sealnya kalian harus bongkar bagian depan / inlet. buka impeler menggunakan kunci pipa atau menggunakan martil. setelah itu keluarkan spring dan mecanikal sealnya. lalu ganti dengan yang masih layak dipakai.

cara merakit jenis mesin pompa kolam air limbah

untuk merakit pompa tersebut perlu kalian siapkan electromotor sesuai dengan ukuran kew pump. jika tidak seimbang maka akan terjadi kerusakan yang berkelanjutan. belting b-57, baut dan mur 1/2 x 2.5 = 2 dan 5/8 x 2.5 = 2. besi siku sch 75. mesin las listrik, kawat las, blender, dan perlengkapan pelindung diri lainnya. 

ukur panjang dan lebar dudukan yang ingin kalian buat sesuai kebutuhan pompa dan motoran. pasang satu persatu potongan siku yang sudah diukur. ukur juga untuk lobang kaki motoran dan kaki pompa. setelah itu kalian las semua joinan besi siku yang sudah terpasang. setelah itu dudukan keduanya dan pasang belting b-57 tadi ke masing-masing pulidan motoran.

carilah tempat yang datar dan rata untuk pompa tersebut supaya tidak roboh pada saat di pasang. buatlah pipa inlet yang dilengkapi dengan footvalve untuk ujung pipa yang berfungsi sebagai penahan untuk pengisian air untuk pancingan. dan ballvalve untuk pancingan air.

buat lagi pipa outlet yang dilengkapi dengan getvalve yang berfungsi untuk menutup dan membuka air yang keluar dari dalam kolam juga berfungsi untuk mengatur seberapa besar air yang ingin dikeluarkan.

konekkan motoran ke panel power yang sudah disediakan sebelumnya untuk pengerak. pasang juga instalasi pipa sirkulasi yang sudah terpasang kepompa yang kita rakit dan pompa siap digunakan.

ok sob sampai disini saja artikel kali ini dan jika ad yang kurang jelas silahkan tinggalkan kritik dan sarannya dikolom komentar. dan jika bermanfaat silahkan bagikan siapa tau ada yang membutuhkannya. 

Related Posts

Previous
Next Post »

0 comments