Pengelasan 1G

January 24, 2020

  teknik cara welding atau pengelasan las listrik plate 1G 

pengelasan 1G

   selamat datang para seniman api dimana saja sampean berada. pada kesempatan kali ini penulis akan membahas pengelasan 1G. welding atau pengelasan las listrik plate 1G digunakan untuk pengelasan plate dan pasangan mendatar. pada umumnya pengelasan ini terdapat pada bottom atau body bawah. pengelasan ini ada yang menggunakan las otomatis dan ada juga yang menggunakan las stik. 

las otomatis biasanya untuk pengelasan bidang yang luas seperti untuk bottom kapal. kelebihan menggunakan las ini hanya untuk meringankan welder dalam pengoprasian. tapi kekurangannya adalah hasil dari pengelasan tersebut tidak maksimal, masih banyak kebocoran dan masih kita juga untuk merepairnya.

yang sering kita gunakan untuk pengelasan pada umumnya menggunakan las stik. dengan cara ini sangat gampang di praktekkan untuk para pemula yang baru mengenal teknik pengelasan. 

pengelasan 1G


disini saya akan bahas mengenai teknik pengelasan 1G menggunakan plate dengan ukuran 3mm dengan join 8mm memakai api 160. pasti kalian heran kenapa setelan apinya besar? apa tidak bolong plat yang 3mm-nya? jawabannya adalah "tidak"

Nah perhatikan cara kerja dan tekniknya.....
jika kita melihat dengan ukuran plate yang berbeda tentunya sudah biasa bagi welder senior. tapi bagi pemula pastinga tidak bisa. caranya adalah posisi kawat miring kedepan sekitar 45 derajat. kalian las dulu bagian plat ynag tebal lalu sentuh sedikit bagian plat yang tipis agak dipercepat sedikit gerakan tangannya. ini bisa dilakukan dengan api yang besar sekalipun.

untuk membiasakan hasil pengelasan yang bagus kalian latih dulu menggunakan plate yang tipis dan dilakukan berulang ulang. misalnya kalian gunakan plate drum bekas oli, itukan sangat tipis. ini juga untuk melatih kelenturan tangan kalian. pengelasan inilah yang sangat mudah dan gampang untuk dipraktekkan. 

sebelum kalian belajar ketahap pegelasan selanjutnya, kalian mahirkan dulu dengan cara welding atau pengelasan las listrik plate 1G  ini

jika sudah mahir dengan plate yang tipis, kalian coba mengelas dengan plate yang tebal ukuran 6mm keatas, pasti akan terasa gampang. untuk mengelas plate dengan ukuran tebal misalnya 10mm kalian mengelasnya dengan 3 phase. root, piler, cupping.

inilah artikel yang penulis bisa bahas pada kesempatan ini. jika ada kesalahan dalam penulisan silahkan tinggalkan kritik dan sarannya.


Related Posts

Previous
Next Post »

0 comments