Memotong Bahan Daun Konveyor

January 21, 2020
   kali ini saya akan bahas mengenai daun conveyor dan pembuatannya. conveyor adalah mesin penghantar bahan yang berbentuk seperti ulir atau disebut juga dengan screw. biasanya mesin ini sering kita jumpai pada pabrik sawit distasiun press, kernel, dan boiler.  dan dibawah ini akan saya jelaskan juga cara pebuatan daun coneyor ini dan pemotongannya. selain dipabrik sawit juga ada yang menggunakan sconeyor ini seperti pabrik kayu.

Memotong bahan daun konveyor


memotong bahan daun konveyor
sebelumnya klian siapkan dulu peralatan dan perlengkapan:
meteran, alat tulis , jangka, cutting torch / blender, mesin las, mesin rool

cara pembuatannya 
diameter body / cashing = 420mm
diameter daun = 400mm
jarak tarik daun = 400mm
diameter pipa = 100mm
hanger sesuai kebutuhan
baut dan mur sesuai kebutuhan

pembuatan body / cashing
untuk menjadi patokan ukuran daun konveyor terlebih dulu kita buat bodi / cashing. fungsi body untuk tempat / wadah bahan yang dihantar. potong plat sesuai ukuran yang sudah ditentukan, kemudian plat tersebut kita lengkungkan menggunakan mesin rool.
untuk memotong bahan daun konveyor menggunakan rumus di bawah ini

memotong bahan daun konveyor
Rumus pertama
 400 pangkat 2 adalah jarak tarik daun + 100 adalah diameter pipa x 3.14 adalah rumus jari jari. setelah menggunakan rumus yang pertama ketemulah hasilnya yaitu 161.9. berarti kita sudah ketemu diameter bagian dalah daun. langsung buat lingkaran menggunakan dengan diameter 161.9. selanjutnya kita akan mencari lagi untuk diameter bagian luar daun. perhatikan di rumus yang ke2

Rumus ke-2.
jarak tarik ditambah diameter dalam dikurangi diameter pipa = ( hasil)
 400 + 161.9 - 100 = 461.9. selanjutnya buat lagi garis lingkaran dengan diameter luar 461.9. lihat seperti gambar diatas. setelah itu buat satu titik di garis diameter luar kemudian di garis sampai ketitik tengah lingkaran lalu potong garisnya, potong diameter dalam dan diameter luar.

pemasangan daun ke pipa.
daun yang sudah terpotong ditarik satu persatu hingga bagian daun terbuka sedikit sekita 100mm. sambung semua daun yang sudah ditarik hingga membentuk spiral. masukan pipa kedalam daun. sebelumnya siapkan dulu tiang gawang untuk menarik daun tersebut. kaliang bisa tarik menggunakan chain blok atau peralatan lain yang fungsinya sama untuk menarik daun tersebut. jangan lupa setelah ditarik supaya diwelding / las.

perakitan
setelah semua siap difabriksi kita langsung kepemasangan. masukan daun coneyor kedalam bodi / cashing untuk dirakit.  pasang hanger dan as join yang dipasang dipipa untuk menyambungkan antara daun coneyor yang lainnya. cek seluruh daun jika ada yang nyangkut. pastikan semua terpasang dengan benar

inilah cara memotong bahan untuk daun conveyor. cara ini bisa kalian praktekkan lagsung dilapangan. hati hati dalam bekerja dan perhatikan alat pelindung diri.

Related Posts

Previous
Next Post »

0 comments