Cara Menggunakan Blender Las Potong

January 16, 2020

cara menggunakan blender las potong


cutting torch atau sering disebut juga dengan blender adalah alat pemotong besi yang menggunakan oxigen dan elpiji. dengan menggunakan alat ini mempermudah untuk proses pemotongan besi dari yang tipis sampai besi yang besar.

  selain untuk alat memotong besi, cutting torch / bender ini mempunyai beberapa fungsi diantaranya untuk alat las karbit atau kuningan, untuk memanaskan dan membengkokkan besi.dan masih banyak lagi fungsinya. Nah, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan blender las potong dengan benar.

jenis jenis cutting torch

merek semua RED ANT
  • cutting torch RA 241 speknya lenght 423 x width 110 x thickness
  • cutting torch RA 825 speknya lenght 425 x width 105 x thickness 50
  • welding torch RA 00 speknya lenght 307 x width 45 x thickness 45
  • heating torch RA 218 speknya lenght 378 x width 70 x thickness 29
dan masiih banyak lagi jenis dan merek alat ini untuk menggunakan alat ini kalian harus siap perlenkapannya dulu

perlengkapan
  1. tabung epiji
  2. tabung oxigen
  3. regulator oxigen dan regulator elpiji
  4. selang blender
  5. stang blender / cutting torch
  6. nozle
  7. klem / pengikat selang
jangan sampai ada yang tidak lengkap karena sangat penting untuk pemakaiannya. cek isi tabung elpiji dan tabung oxigen pastikan keduanya masih terisi. setelah itu kalian pasang perlengkapan tersebut dengan benar. pasang regulator elpiji ketabung elpiji yang masih terisi kemudian pasang selang yang berwarna merah, ikat selang tersebut menggunakan klem sesuai dengan ukurannya. 

begitu juga dengan tabung oxigen. pasang stang blender / cutting torch. untuk pemasangan selang ke stang blender biasanya mengikuti ukuran lobang yang ada pada stang. pastikan semua selang terpasang dengan benar dan pastikan juga keamanannya apalagi untuk selang elpiji. untuk lebih aman lagi kalian ikat lagi dengan kawat bendrat. saya jamin ini tidak akan lepas dan untuk mengurangi kebocoraan di area klem. terakhir pasang nozlenya.

setelah semua terpasang dengan benar dan keamanannya, kalian sudah bisa untuk mulai menggunakannya. perhatikan cara menggunakannya dibawah ini

cara menggunakan blender las potong

buka oxigen menggunakan kunci boleh full atau setengah. press regulator dengan tekanan 50. buka tabung elpiji, saya sarankan sedikit saja dan press regulatornya pun sedikit saja. jika ingin memotong jauhkan elpiji dari benda kerja dan stang blender supaya tidak terjadi sambaran api yang mengakibatkan meledaknya tabung elpisi dan oxigen. 

buka sedikit untuk setelan elpiji lalu hidupkan dengan korek api. setelah hidup buka angin dan setel elpiji dan oxigen hingga api berubah menjadi biru sampai timbul suara desis antara oxigen dan elpiji tadi. tempelkan pada benda kerja yang ingin dipotong tunggu sampai benda tersebut merah agak sedikit meleleh, lalu tekan stang blendernya sampai batas potongan selesai.

Related Posts

Previous
Next Post »

0 comments